RSS

Aku dan KUWALIK

21 Jul

Pementasan Teater KUWALIK

Pementasan teater KUWALIK

“Mathurnuwun Gusti Yang Maha Baik, akhirnya semua ini terlahir. Tiap pemikiran, rasa hampa, dan peluh hanya diniatkan untuk perubahan pemikiran akan keadaan Bangsa ini dan kebesaran dunia teater semata. Teman-teman Teater Maraton dan mereka semua yang terlibat di dalam pementasan inilah orang-orang hebat itu, bukan aku. Salam Kebesaran Budaya!”

Kuwalik itu bahasa jawa yang berarti terbalik atau sebuah perbandingan.

Di naskah ini aku ingin menyuarkan atau memvisualisasikan luapan hati dan harapan wong cilik tentang keadaan Negara dan lingkungan di sekitarnya yang dikemas secara humoris namun tetap fokus terhadap point yang ingin disampaikan. Orang tua (Pak Mono dan Bu Sri) yang bekerja keras banting tulang demi pendidikan sang anak (Noto) yang terlahir dengan pemikiran-pemikiran radikal, nakal, namun benar.

Keadaan yang semakin ‘Kuwalik’. Manusia bersikap tidak lebih baik dari binatang. Maka permintaan maaf, tanya, dan suguhan terimakasih dari seorang manusia layak diberikan kepada binatang.

Kopi dan Nembang sudah menjadi bagian dari kehidupan orang jawa. Monyet (Kuat) mewakili sikap rakyat Indonesia yang dipaksa bekerja keras oleh ‘tuannya’ (Asing) dan mendapatkan makanan (hasil) secukupnya. Monyet juga melambangkan tolak ukur kerja keras manusia di jaman sekarang. Manusia kalah dengan Monyet. Momok bagi mereka yang malas dan memilih untuk meminta-minta kepada manusia lain.

Unsur Wayang Kulit, Dalang, dan Tarian mewakili kebudayaan jawa (Disini aku memilih Tari Gambyong). Itu semua sebagai suatu pengingat jika Indonesia memiliki banyak sekali keistimewaan yang patut kita jaga dan lestarikan.

Sutradara pementasan KUWALIK

“Apa kabar Negri kita? Sehat?”

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 21, 2013 in KUWALIK

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: