RSS

Sorry Mita

22 Jan

Sore itu gue diundang ke acara ulang tahunnya Mita. Dia temen SMP gue cuma kita beda kelas. Anaknya tajir, cakep, dan santernya nih, kata temen-temen tuh dia naksir gue. Nasib baik.

Gue emang gak ganteng, cuma nyokap gue yang bilang gitu. Gue juga gak tajir-tajir amat, tapi gue selalu berusaha buat gak ngerepoting orang lain. Yang pasti, gue itu berkharisma. Bintoro yang bilang gitu. Dia langsung gue beliin cilok 2000-an didepan sekolah.

Mari cabut ke lokasi acara.

30 menit kemudian gue nyampe, sejenak plonga-plongo, ini bener lokasinya? Apa gue salah alamat? Gue mutusin buat masuk, begitu gue ada di dalem, gue langsung ngerasa gak nyaman.

Kenapa sih tiap acara ulang tahun harus dirayain di tempat kayak gini?

Jujur, gue lebih nyaman nongkrong atau makan di pedagang kaki lima dari pada ditempat yang Lux kayak gini. Asik aja gitu rasanya kalo di kaki lima. Suasananya rame. Kita bisa ngobrol segala macam hal tanpa harus ngerasa gengsi kalo obrolan kita itu kurang bermutu. Emang obrolan yang bermutu itu yang kayak gimana sih? Sinis.

Di kaki lima banyak hal seru yang bisa gue dapet. Dengan bermodal uang receh, gue udah bisa denger lagu-lagu yang lagi nge-hits saat ini plus dapet senyum manis dari sang musisi. Walau kebanyakan lagu-lagunya sedikit norak sih. Gue akui itu.

Di kaki lima juga gak bakal ada rambu-rambu larangan atau peraturan yang kadang ngebikin kita jadi gak nyaman.

Yang pasti, harga makanan di kaki lima itu murah dan bikin kenyang. Pelit sama hemat itu jelas beda.

“Hey mas bro..Hey mbak bro..hidup bukan cuma buat makan, elu masih punya banyak kebutuhan lain selain makan kan? kalo uang aja udah abis buat makan, gimana coba? selebihnya mlongo? Garing?”

Tapi ini acaranya Mita. Bukan gue. Gak ada pilihan.

‘Hai Juna..makasih yah udah mau dateng, gue seneng deh. Yuk masuk’. Mita ngegandeng tangan gue dan ngajak gue ke dalem.

‘Eh iya sama-sama, bisa gak kalo kita gak usah gandengan Mit?’. Gue risih.

‘Loh, kenapa emang? Udah biasa kali kalo cuma gandengan’. Mita kekeh.

WHAT??? Gandengan itu hal biasa??? No..no..no..bagi gue gandengan itu adalah hal yang spesial! Gue Cuma mau sela-sela jari gue diisi sama jari-jari cewek yang gue suka. Dan masalahnya adalah, sampe detik ini gue gak tau dimana cewek itu berada.

‘Sorry Mit, gue gak biasa..Lepasin ya’.

Muka Mita kusut.

Acara pun dimulai.

Susunan acaranya seperti biasa sih, nyanyi-nyanyi, tiup lilin, potong kue, potong kuping, cepika-cepiki, penyerahan kado, penyerahan warisan, makan-makan, terus pulang.

Saat-saat yang paling gue tunggu akhirnya dateng juga. Akhirnya acara selesai!

Baru beberapa langkah dari pintu keluar..

‘Juna’. Mita manggil.

‘Ada apa Mit?’. Apaan lagi sih ini. Gue lesu.

‘Malem ini kebetulan Mocca maen di EXE Cafe, elu mau kan nemenin gue nonton?’.

Ya Tuhan, cobaan apalagi ini? Harusnya Mita ngeliat koleksi poster dikamar gue! Dikamar gue penuh poster-poster cadas. Mulai dari posternya Greenday, NOFX, Blink 182, The Ramones, WARKOP DKI, Wiro Sableng, Nike Ardilla, dan poster favorit gue, Kesatria Baja Hitam RX!

Gue gak ngerti sama lagu-lagunya Mocca. Gue pengen pulang. Cuma itu!

‘Juna, gue pengen elu nemenin gue di hari spesial gue ini, pleaseeeeee’. Mita nyium kaki gue. Gue jelas bohong.

‘O..o..o..oke deh’. Tiba-tiba gue kesurupan Aziz Gagap. Gue gak bisa nolak ajakan Mita.

Kita cabut ke EXE Cafe.

Begitu sampe di cafe itu, gue langsung ngeliat ke sekeliling gue, suasananya meriah, sayangnya Cafe ini dipenuhi orang-orang yang suka melorotin uang Ortu’nya. Gue yakin, tampang-tampang kayak mereka pasti gak kuat kalo disuruh kerja berat. Gue cuma bisa bersyukur, karena gue bukan bagian dari mereka. Rasa gak nyaman gue tambah gede aja nih.

Sepanjang acara itu gue cuma diem. Paling gue tepuk tangan tiap satu lagu selesai. Beda sama ekspresi si Mita yang keliatan girang stengah sadar. Lompat-lompat kesana-kemari, salto, terlentang, idungnya mekar, sorak soray gak jelas, dan lebih parahnya lagi, suara Mita lebih kenceng dari pada suaranya si Arina!

Kenapa kagak elu aja yang nyanyi di depan sih Mit???. Gue ngomong dalem hati.

Andai gue punya HP, pasti gue udah nelpon pemadam kebakaran buat nyemprot si Mita. Heran deh gue, apa semua cewek ekspresinya kayak gini kalo ketemu idolanya? Sungguh berlebih.

Lagu terakhir! Gila! Seneng banget gue! Ayo cepet selesai, biar gue bisa cepet pulang!

Dan akhirnya selesai juga. Akhirnya.

‘Ayo Jun kita pulang, gue anter ya? Please jangan nolak!’.

Susah kan jadi gue? Susah jadi cowok berkhrisma.

Gak ada angin gak ada geledek, sumpah demi Nikita Mirzani, si Mita semakin menggila aja tingkahnya! Somebody help me!!!

Di sepanjang jalan nganter gue pulang, dia masih aja nyanyiin lagu-lagunya Mocca. Suaranya bagus? Serasa mabuk darat gue. Kasih gue keresek. Please.

‘Jun, malem ini elu seneng gak? Kalo gue sih seneng banget!!!’.

(Siapa juga yang nanyain elu seneng atau enggak sih Mit?)

‘Hah? Gue? i..i..iya gue seneng, next time kalo di Cafe itu ada Didi Kempot, gue mau dong di ajak nonton lagi’ Gue mulai kacau. Se-kacau tatanan rambutnya Didi Kempot.

Yesss! Akhirnya kata-kata gue barusan bisa bikin Mita berhenti nyanyi! Gak jadi mabuk deh. Seneng deh.

Akhirnya kita nyampe dirumah gue.

Si ibu udah nungguin gue di depan rumah. Gue gak tau kenapa, tiap gue pulang agak malem pasti gue ditungguin di depan rumah. Kenapa gak nunggu di ruang tamu atau sekalian aja gak usah ditungguin? Gue udah gede! UDAH GEDE!!!.

‘Makasi ya Mit udah nganter gue sampe rumah’. Gue membuka obrolan.

‘Iya Juna, makasi ya udah dateng ke acara gue dan mau nemenin gue nonton Mocca’.

Hening sesaat.

‘Jun, gue boleh ngomong sesuatu?’. Mimik Mita serius.

‘Boleh banget Mit, dari tadi juga elu kan ngomong terus, emang ada apa Mit? Elu kehabisan bensin?’.

‘Bukaaaaaaaaaaaaaaaan!’. Idung Mita keluar asep.

‘Terus ada apa?’

Mita nunduk. Dia ngeremes-remes jarinya.

‘Elu mau gak jadi cowok gue?’.

Gue pengen pipis.

‘Ah, elu bercanda ya?’. Gue masih gak percaya, ternyata gosip itu bener!.

‘Gue seriusssss!!!’. Mita teriak.

Catatan : Tuuuuuh kan, gue emang berkharisma!

Gantian gue yang nunduk.

Iya or engga?

Akhirnya gue jawab..

‘Maaf ya Mit, elu itu cewek cakep, tajir juga, kurang apa coba hayo? Sementara gue? Gue aja harus nyegat Kopaja kalo mau kemana-mana. Asal elu tau aja, gue juga gak pernah dibilang ganteng sama semua makhluk disekolah. Kucingnya Pak Bonde aja eneg ngeliat gue. Elu pantes dapet seseorang yang lebih dari gue Mit. Percaya deh. Dan kalo gue boleh milih, gue lebih suka jadi temen elu. Lebih enjoy aja rasanya. Kalo temen kan masa aktifnya seumur hidup. Kalo pacaran dan akhirnya kita putus gimana? Elu bakal kehilangan cowok fantastis kayak gue dong? ehehee..‘.

Mita senyum kecut. Dia ngusap matanya. Gue gak tau dia itu kelilipan apa nangis.

‘Oke deh Jun, gue terima jawaban elu, makasi ya..elu tetep jadi cowok yang beda bagi gue Jun’. Mita keliatan lesu banget.

Gue diem. Gue gak tau harus ngapain lagi kecuali diem.

Mita langsung cabut pulang. Gue tau banget kalo dia pasti kecewa sama gue, tapi kalo gue nerima dia, itu sama aja gue ngebohongin dia dan itu bakal ngebikin dia tambah kecewa. Gue gak sejahat itu.

Perasaan emang gak bisa dipaksain. Dateng dan perginya juga gak pernah pamit. Ke siapa kita suka juga kita gak akan pernah ngira sebelumnya. Gue cuma berusaha jujur. Jujur ke Mita dan jujur ke diri gue sendiri. Mencoba jadi apa adanya dan gak ada niatan sedikit pun buat nyakitin perasaan Mita. Gue diplomatis banget.

Hati-hati dijalan, Sorry Mita..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 22, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

 
